Thursday, March 02, 2006

Pearl Jam 8th Studio Album

Pearl Jam tengah bersiap merilis album baru, yang direncanakan edar tanggal 2 Mei nanti. Album yang rencananya berjudul "Pearl Jam" (selftitled) ini adalah studio album ke-8 setelah 3 tahun yang lalu mengeluarkan "Riot Act". Salah satu track yang direncanakan menjadi singel, berjudul "WorldWide Suicide" sudah bisa didonlot versi preview 15 detik-nya. Eddie Vedder mengatakan jika album ini akan kembali ke root lagu-lagu Pearl Jam seperti pada era "Vs" dulu. Dalam preview lagu "WorldWide Suicide" memang terkesan model lagu yang berlandaskan angst suara gitar, meski menurut pendapat saya malah lebih mirip dengan model riff lagu "Do the Evolution". Anyway, "WorldWide Suicide" bisa secara gratis didonlot di situs resmi Pearl Jam mulai 8 Maret 2006, tanpa Digital Rights Managements. Sehingga, lagu tersebut bisa di-share gratis ke semua orang.

Persiapan rilis album baru ini juga diikuti dengan perubahan layout dan desain pada website resmi Pearl Jam (www.pearljam.com). Tema lama yang merupakan kesatuan kode desain dengan konsep desain "Riot Act" (gambar dark-gloom tengkorak) diganti menjadi desain dengan artwork yang brilian (meski bagi beberapa orang relatif familiar dengan model desain dari AmesBros*). Background tiap halaman bisa dinikmati dengan fitur "reveal background" sehingga pengunjung site bisa dengan bebas melihat artwork-artwork tersebut di tiap halaman. Berikut gambar atau artwork yang sudah di- revealed**, sehingga bisa langsung dipasang di desktop atau dijadikan avatar (just click-away)!

Can't wait for May 2nd!


*AmesBros, biro desain grafis milik Barry Ament, kakak (atau adik?) dari bassist Pearl Jam, Jeff Ament, yang sering terlibat dalam penggarapan grafis Pearl Jam mulai dari artwork sleeve CD, bonus TenCLub, dll.
**Thanks to aNiMaL from Pearl Jam world Forum!

1 comment:

OW Batik! said...

cool pics and cool blog! long live pearl jam yaa...hehehe